Webinar Series Mitigasi Bencana Tsunami

Pangandaran – Selasa (07/07) DH. Guntur Prabowo, A.Pi., M.M selaku Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran menjadi narasumber pada acara Webinar Series Mitigasi Bencana Tsunami. Acara tersebut diselenggarakan langsung oleh PIAMARI (Pangandaran Integrated Aquarium dan Marine Research Institute).

Webinar series ini merupakan refleksi 14 tahun peristiwa tsunami Pangandaran dengan mengusung tema “ Penguatan Kesiapan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Gempa dan Tsunami”. Pada kesempatan tersebut Direktur Politeknik KP Pangandaran menyampaikan mengenai Kurikulum Pendidikan Kebencanaan. Menurut UU No. 24/2007 berbunyi bahwa Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan, pelatihan, penyuluhan, dan keterampilan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana baik dalam situasi tidak terjadi bencana maupun situasi terdapat potensi bencana.

Maka Dari Itu Ada 3 Pilar Kegiatan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Yaitu Fasilitas Kampus Aman, Manajemen Bencana Di Kampus, dan Pendidikan Pencegahan & Pengurangan Resiko Bencana. Dalam hal tersebut Politeknik KP Pangandaran berada di zona merah Tsunami. Sehingga diperlukan pendidikan tanggap bencana, maka dari itu Politeknik KP Pangandaran telah melakukan kegiatan Sosialisasi dan Mitigasi Bencana bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Pangandaran. Dari adanya kegiatan tersebut diharapkan para peserta didik dapat memiliki kesiagaan bencana, pengurangan resiko bencana dan tanggap darurat. Selain itu meningkatkan peran peserta didik sebagai agen perubahan dalam upaya pemberdayaan peningkatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana. (psp).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *