Webinar Mengungkap Tabir Potensi Tsunami Megathrust Selatan Jawa JANGAN PANIK!

Pangandaran – Sabtu (05/12) Program Studi Teknologi Kelautan (TKL) Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran (PKPP) menyelenggarakan kegiatan Webinar bertema “Mengungkap Tabir Potensi Tsunami Megathrust Selatan Jawa”. Narasumber yang diundang merupakan seorang peneliti tsunami Dr. Ing. Ir. Widjo Kongko, M. Eng selaku Kepala Balai Teknologi Infrastruktur Pelabuhan dan Dinamika Pantai – BPPT. Ada Pula Dr. H. Ramdan, M.T selaku kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Barat namun beliau tidak bisa hadir maka diwakili oleh Adwin Singarimbun selaku Kasi RR BPBD Jawa Barat, dan Lulut Alfasris, S.T., M.T selaku Dosen Teknologi Kelautan Politeknik KP Pangandaran.

Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan- BRSDMKP- KKP Dr. Bambang Suprakto.,A.Pi., S.Pi., M.T memberikan sambutan dan arahan dalam kegiatan ini. Acara dibuka langsung oleh DH. Guntur Prabowo, A.Pi., M.M selaku direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran dan dimoderatori oleh Yuni Ari Wibowo, S.T., M.T selaku Ka Prodi Teknologi Kelautan PKPP.Narasumber menjelaskan mengenai potensi terjadinya tsunami di Selatan Jawa. Tsunami merupakan perpindahan volume air laut akibat gempa bumi, letusan gunung api, atau longsor. Hal ini bisa membuat daratan yang ada di dasar laut mengalami perubahan (naik) sehingga menimbulkan tsunami.

Sebagai masyarakat yang berada di wilayah pesisir pantai perlu mengenali ancaman tsunami yang unik di setiap daerah. Maka dari itu perlu yang namanya melakukan mitigasi dengan cara mengadopsi kearifan lokal, penguatan kapasitas, dan sinergitas stakeholders itu yang disampaikan oleh narasumber Dr. Ing. Ir. Widjo Kongko, M. Eng .Adwin pun menjelaskan bahwa dalam upaya melakukan mitigasi yakni harus mengenali resiko bencana di daerah masing-masing, kenali lingkungan sekitar dimanapun berada, melakukan simulasi mitigasi. “Namun kunci utama ketika menghadapi bencana baik itu gempa bumi, tsunami dan lainnya adalah jangan panik” Jelasnya. (psp).


0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *