Tiga Produk Unggulan Taruna PKPP Mengikuti Kompetisi Kewirausahaan Nasional 2020

Pangandaran (Kamis, 26 November 2020). Taruna Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran (PKPP) mengikuti Kompetisi Kewirausahaan Nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan (PUSDIK-KP). Dalam acara tersebut, PKPP diwakili oleh 3 kelompok kewirausahaan yang merupakan taruna tingkat akhir. Ketiga Kelompok tersebut masing-masing telah mempresentasikan produk Kewirausahaan dengan nama EVALEEN (Cokelat Mangrove), RAINBOW FISHTICK, dan JELLY MANG ICE.

EVALEEN merupakan produk fortifikasi pangan berupa coklat dengan penambahan buah mangrove. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam buah mangrove dipadukan dengan kelezatan coklat menghasilkan Produk Inovasi yang memiliki nilai gizi dan nilai jual tinggi. Produk EVALEEN diproses secara aman di Teaching Factory (TEFA) pengolahan PKPP dengan menggunakan biji coklat berkualitas dan buah mangrove yang tersebar di Pantai Kabupaten Pangandaran. EVALEEN telah mendapatkan Izin P-IRT nomor 2093218090264-25. Sebagai produk asli Pangandaran, EVALEEN telah tersedia di Pusat oleh-oleh “Owen”. Selain di Pusat oleh-oleh, EVALEEN juga tersedia di “shopee” dan “Instagram” dengan nama akun evaleen_chocolate.

Produk kedua yang mengikuti Kompetisi Kewirausahaan Nasional adalah Rainbow Fishtick. Rainbow Fishtick merupakan produk olahan berupa stick yang berbahan dasar ikan dengan penambahan pewarna alami yakni dengan menggunakan buah bit dan ubi sebagai pewarna alami. Ikan yang digunakan dalam pembuatan Rainbow Fishtikck yaitu ikan montok (Pennahia macrocephalus). Ikan montok merupakan ikan rucah yang memiliki kandungan protein tinggi. Pengunaannya sebagai bahan baku akan meningkatkan nilai ikan tersebut. Buah bit dan ubi ungu ditambahkan sebagai bahan pembuatan Rainbow Fishtick dengan tujuan memberikan warna alami. Rainbow Fishtick telah mendapatkan Izin P-IRT nomor 2063218010264-25. Produk Rainbow Fishtick telah tersebar di Pangandaran, Tasikmalaya, Jakarta, dan Cianjur.Jelly Mang Ice merupakan produk ketiga Taruna PKPP yang ikut pada Kompetisi Kewirausahaan Nasional.

Jelly Mang Ice memiliki arti Minuman dingin yang terbuat dari Jeli daun Mangrove. Daun mangrove terlebih dahulu dibuat jeli, kemudian jeli tersebut digunakan sebagai bahan pembuatan Jelly Mang Ice. Produk Jelly Mang Ice dipasarkan menggunakan mobile food truck dan dibuat dadakan tanpa pengawet untuk menjamin kesegaran minuman. Jelly Mang Ice telah mendapatkan Izin P-IRT nomor 10833218080264-25. Produk Jelly Jelly Mang Ice dapat dipesan lewat akun Instagram @esjellynyamang.PKPPP sebagai kampus Technopreneur mendukung dan memfasilitasi setiap kegiatan kewirausahaan taruna.

Dengan semangat membangun Industri Perikanan dan Kelautan melalui Pendidikan Kewirausahaan akan tercipta Wirausahawan-wirausahawan muda dari kampus Vokasi. (sa&psp).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *