Taruna Prodi TKL Laksanakan Kegiatan Seminar Hasil KTPA di Kantor Stasiun PSDKP Tarakan – Kalimantan Utara

Pangandaran – Kamis (09/07) Kegiatan seminar Hasil Karya Tulis Praktik Akhir (KTPA) taruna tingkat akhir Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran, sangat menarik dan banyak hal diluar dugaan panitia seminar hasil KTPA. Seperti halnya kegiatan seminar yang dilakukan pada Program Studi Teknologi Kelautan (TKL). Taruna atas nama Batih Shendy Capri Hareva, ia melakukan kegiatan seminar, langsung di kantor Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Tarakan – Kalimantan Utara. Dimana tempat dia melaksanakan kegiatan KTPA.

Pada kesempatan tersebut Kepala stasiun PSDKP Tarakan Akhmadon, S.Pi., M.Si pun bertindak sebagai narasumber pada kegiatan seminar yang disampaikan oleh taruna Politeknik KP Pangandaran. Adapun seminar hasil KTPA yang disampaikan mengenai “Rancang Bangun ROV (Remotely Operated Vehicle) Sebagai Alat Bantu Bawah Air”. ROV (Remotely Operated Vehicle) adalah robot bawah laut yang dilengkapi sensor dan kamera, ROV memiliki kemampuan mengamati benda di lautan dan dikendalikan dengan remote control secara langsung dari atas permukan air. Sering kali di gunakan untuk menggantikan pekerjaan manusia di bawah laut.

Laporan Seminar Hasil KTPA yang disampaikan oleh taruna kelahiran Pati ini dapat tanggapan baik dari para narasumber. Pada saat kegiatan pemaparan mengenai Rancang Bangun ROV berlangsung Kepala stasiun PSDKP Tarakan, didampingi langsung oleh Kepala Urusan Tata Usaha, dan Kasubsi Operasional Pengawasan & Penanganan Pelanggaran. Kepala stasiun PSDKP menyambut baik adanya taruna praktek di PSDKP Tarakan dengan harapan adanya kesinambungan antara instansi dibawah KKP. Selain itu mengenai Rancang Bangun ROV yang disampaikan Batih sangat menarik dengan harapan kedepan dapat digunakan di PSDKP sebagai tambahan sarpras ataupun opsi dalam kegiatan pengawasan.

“Senang dan bangga bisa didampingi oleh kepala stasiun PSDKP dan jajarannya, merupakan suatu kehormatan besar buat saya dapat disambut dengan baik selama praktek hingga seminar. Semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat untuk saya dan pengetahuan saya semakin bertambah” jelas Batih pada Tim Informasi Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran. (psp).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *