Taruna, Ikan Cupang dan Aquascape

Pangandaran – Selasa (29/09) Politeknik Kelautan dan Perikanan merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang kelautan dan perikanan di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM-KP). Politeknik KP Pangandaran menerapkan sistem pendidikan technopreneur. Technopreneur atau teknopreneur merupakan bagian dari ekonomi kreatif, ekonomi digital, bisnis online, dan tentu saja bagian dari entrepreneur. Ada tiga hal yang dibutuhkan untuk jiwa-jiwa entrepreneur, mulai dari knowledge (pengetahuan), skill (kemampuan), dan attitude (sikap). S

etelah mengikuti kegiatan perkuliahan dan praktek langsung baik di kampus atau di tempat praktek kerja lapang dan pastinya atas bimbingan para dosen kini taruna semester V banyak sekali yang memanfaatkan peluang bisnis di masa pandemi dengan cara membuat produk dan memasarkannya secara online. Salah satunya Gagah Jaya Aditya taruna prodi Budidaya Ikan ini menjual ikan cupang dan aquascape.

Berawal dari hobinya mengurus dan membesarkan ikan cupang. Selama kuliah dilaksanakan secara daring dikarenakan adanya pandemi covid-19. Untuk mengisi waktu luang dan menerapkan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah mengenai kewirausahaan. Gagah yang saat ini tinggal di Tulungagung Jawa Timur. Menjual ikan cupang dan aquascape yang bisa dipesan secara online melalui akun IG (aquajaya_).

Untuk pendapatan bulan ini pun sudah mencapai lebih dari 1000k, itu merupakan akumulasi dari jasa pembuatan aquascape dan ikan cupang jelas Gagah Kepada Humas Politeknik KP Pangandaran. Gagah pun menjelaskan bahwa setelah melaksanakan kegiatan usaha yang saat ini ia rintis dengan berbekal pengalaman selama di kampus dan pandemi ini ia bercita-cita ingin menjadi seorang pengusaha. Tentunya usaha di bidang perikanan yang notabene tidak hanya ikan hias. (psp).

7Rani Rehulina Tarigan, Syafrida Effendy dan 5 lainnya

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *