Supervisi Praktik Kerja Lapang

Pangandaran – Rabu (04/12) Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran sebagai Perguruan Tinggi di bidang vokasi senantiasa berinovasi untuk melahirkan Sumberdaya Manusia yang unggul untuk mewujudakan Indonesia maju, untuk itu lulusannya siap terjun langsung di dunia usaha atau pun di dunia kerja. Demi menunjang tercapainya tujuan tersebut taruna/i Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran diterjunkan langsung untuk melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di berbagai perushaa, dan instansi pemerintahan yang ada di Pulau Jawa, Sumatera dan Bali.

Taruna/i Semester III dan V sudah memasuki minggu ke 4 melaksanakan kegiatan PKL. Selama proses pelaksanaan PKL tersebut taruna/i dapat belajar lagsung mengenai pengetahuan yang didapat di bangku kuliah dan mempraktikannya serta mengsinkronisasikan dengan kejadian nyata di lapangan. Taruna/i yang melaksanakan PKL di berbagai perusahaan dan instansi pemerintah dibimbing langsung oleh para ahli dibidangnya masing-masing. Selain itu taruna/i yang PKL tetap dapat berdiskusi dengan pembimbing dari kampus dengan menggunakan berbagai media online. Proses diskusi jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi sangat membantu taruna/i dan dosen dalam membahas pembelajaran dan pengalaman yang diperoleh pada saat PKL berlangsung.

Untuk mengetahui kegiatan yang dilaksanakan oleh taruna/i pada saat PKL berlangsung, dosen Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran dalam dua minggu ini melaksanakan kegiatan Supervisi pelaksanaan Praktik Kerja Lapang (PKL) III dan IV. Supervisi dilaksanakan secara bergantian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Dosen secara langsung memantau proses pelaksanaan PKL sekaligus berdiskusi dengan taruna/i terkait ilmu-ilmu yang telah didapat. Selain itu pastinya untuk bertemu dan berdiskusi  langsung dengan direktur perusahaan atau kepala instansi terkait.  Serta menanyakan langsung perkembangan taruna/i selama melaksanaka PKL. Pada kesempatan tersebut juga dibahas mengenai legalisasi kerjasama yang akan dilakukan dalam bentuk perumusan Memorandum of Understanding (MoU). MoU yang dibahas terkait pelasanaan PKL, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. MoU tersebut sangat esensial karena kerja sama antara Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran dengan perusahaan atau instansi pemerintah dapat berlangsung terus untuk tahun-tahun kedepannya. (psp).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *