Selamat Datang Calon Taruna Baru Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran Tahun 2019

Pangandaran – Selasa (03/9) segenap civitas akademika dan keluarga besar Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran mengucapkan selamat datang kepada taruna taruni terbaik yang telah terpilih menjadi bagian dari kami. Matahari pagi ini bersinar lebih terang dibandingkan biasanya, jalanan berpasir menuju kampus tidak mematahkan semangat orang tua calon taruna untuk mengantarkan anaknya ke Kampus Politeknik KP Pangandaran yang berada di Kawasan Pantai Bulaksetra. Kendaran roda empat dan dua pun memenuhi kawasan parkir yang telah disediakan. Ada suka cita yang terlihat dari orang tua yang mengantarkan anaknya. Ada pula catar yang datang sendiri tanpa didampingi orang tua dengan alasan jauh di sebarang pulau sana. Meskipun demikian mereka tetap tegar dan semangat mengikuti rangkaian kegiatan.

Calon taruna memasuki ruang Gedung Rektorat Lantai Dasar untuk dilakukan pemberkasan dan registrasi ulang bertindak sebagai penanggung jawab kegiatan pemberkasan adalah Djaduk Alif P, A.Md dibantu dengan dosen dan pegawai lainnya. Selanjutnya catar dilakukan pengecekan isi tas/ koper oleh panitia dibantu oleh taruna. Pengecekan isi tas/koper ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diperbolehkan seperti menghindari dari membawa alat mistis dan semacamnya.

Di tempat lain tepatnya di Lt. 3 Aula Gedung Rektorat diadakan Rapat Forum Pertemuan Orang Tua Taruna (FORTUNA) angkatan ke 3. Acara di pimpin langsung oleh direktur DH. Guntur Prabowo A.Pi., M.M. Dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa taruna lulusan Poltek KP Pangandaran dapat menguasai pengetahuan dan keterampilam dibidang teknis usaha, dan mampu menjadi pengusaha yang mandiri dan tangguh dibidang kelautan dan perikanan. Sebelumnya pada kesempatan tersebut  beliau juga memperkenalkan jajaran direktur, jajaran dosen, pembina taruna dan staf kepegawaian. Acara berlangsung sampai pukul 12.00 siang.

Kegiatan berikutnya makan bersama antara catar/catir, orang tua, jajaran direktur, ketua fortuna, dosen dan pegawai di ruang makan tepatnya di Lt. Dasar Gedung Asrama Putri.   Berikutnya dilaksanakan upacara penyerahan catar dari ketua panitia Penerimaan Taruna Baru (PENTARU) Kepada Pudir 3 yang diwakili oleh Kepala Pusat Pembinaan Karakter Taruna. Sekaligus acara perpisahan catar dengan orang tuanya. Ada rasa haru yang luar biasa ketika orang tua menyerahkan anak-anaknya kepada Politeknik KP Pangandaran untuk dididik menjadi anak yang mempunyai karakter yang baik dan senantiasa menjaga nama baik keluarga dan bangsa. Isakkan tangis dari seorang ibu kepada putra putrinya tidak terbendung lagi, mana kala menyaksikan anaknya memasuki asrama. Meskipun demikian acara berjalan dengan lancar.

Salah seorang orang tua catar, Satmoko Yulidarsono yang berasal dari Solo mengatakan bahwa kesan  pertama yang didapatkan bahwasanya Politeknik KP pangandaran itu orang-orangnya ramah, bersahabat baik antara taruna senior dan calon taruna maupun dengan orang tua. Harapan saya mudah-mudahan anak saya bisa terbentuk jiwa nasionalisnya dan jiwa kewirausahaan dan bisa mencapai cita-citanya. Selamat anakku “jungjung subur, mendem jero, jenenge wong tuo”. (psp). 

Keyword: Calon taruna baru, Penyambutan, taruna Terbaik, Poltek KP Pangandaran, 2019

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *