Revitalisasi Pangandaran Sebagai Sentra Produksi Patin

Pangandaran

Pangandaran – Kamis (26/9) Dosen Program Studi Budidaya Ikan (BDI) Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). PKM dilaksanakan di Dusun Karangpaci Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Acara dibuka langsung oleh Pudir 3 Abdul Rahman, A.Pi., M.Si. Tema yang diangkat pada kegiatan PKM tahun ini adalah Revitalisasi Pangandaran Sebagai Sentra Produksi Patin.

Dalam sambutannya pudir 3 menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk sama-sama meningkatkan perekonomian masyarakat budidaya ikan yang pastinya harus diimbangi dengan pengetahuan dan pembinaan. Untuk itu kegiatan PKM ini tidak hanya seremonial saja, melainkan Desa Kertayasa akan menjadi mitra dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangndaran dalam upaya revitalisasi budidaya ikan patin.

Acara selanjutnya Pudir 3 menyerahkan batuan secara simbolis berupa probiotik pakan kepada kepala desa yang diwakili oleh Kasi Pememrintahan. Selain menyerahkan bantuan berupa probiotik pakan pada sesi berikutnya, Muhammad Akbarurasyid, S.Kel., M.P.,  dan Rani Rehulina Tarigan, S.Pi., M.P. berbagi ilmu kepada masyarakat terkait budidaya ikan patin dengan sistem kolam dan  penggunaan probiotik pada budidaya ikan. Masyarakat begitu antusias ketika menedengar presentasi yang disampaikan oleh kedua dosen kebanggan Politeknik KP Pangandaran tersebut.

Pada kegiatan PKM dosen beserta masyarakat melakukan tinjauan lokasi untuk pembudidayaan ikan patin di Dusun Karangpaci. Maka dilakukan penebaran ikan patin dan pembobotan setiap ekor ikan patin dengan metode sampling yang dilaksanakan oleh dosen, taruna dan masyarakat. Harapan dengan adanya kegiatan PKM kepada masyarakat, akan adanya transfer pengetahuan yang bermanfaat untuk masyarakat setempat. Terutama terkait dengan bidang budidaya patin, baik persyaratan dan teknis budidaya sampai dengan pengendalian hama dan penyakit yang berdampak pada keberhasilan kegiatan budidaya. Keberhasilan Kegiata budidaya diharapkan dapat memberikan peningkatan profit kepada masyarakat setempat yang berimplikasi pada kesejahteraan masyarakat. (psp).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *