Ratusan Partisipan dari Sabang Sampai Merauke Ikuti Kegiatan Webinar Kiat & Sukses ABK Indonesia di Kapal Ikan Asing

Pangandaran – Sabtu (16/05) Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran mengadakan kegiatan Webinar dengan tema Kiat & Sukses ABK Indonesia di Kapal Ikan Asing. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat (15/05) dan dibuka langsung oleh DH. Guntur Prabowo APi. M.M selaku direktur Politeknik KP Pangandaran tepat pada pukul 13:30 WIB.

Partisipan kegiatan webinar beitu membeludak terlihat dari pendaftar mencapai angka 614 orang, dengan rentang waktu 2 hari. Sebelumnya panitia membatasi jumlah peserta yakni hanya untuk 80 orang peserta saja. Namun mengingat antusiasme pendaftar yang melakukan registrasi pada laman bit.ly/ABKCerdas yang kami sediakan begitu banyak. Maka Setelah melakukan diskusi dengan beberapa pihak jumlah partisipan ditambah kuota menjadi 500 orang peserta. Pendaftar terdiri dari Sabang sampai Merouke yang meliputi Tenaga pendidik, pelajar, dan umum.

DR. Yaser Krisnafi, M.T selaku pudir satu Politeknik KP Pangandaran dan sebagai narasumber pada acara tersebut begitu tidak menyangka bahwa pendaftar akan mencapai sebanyak itu. Pada pelaksanaan kegiatan berjalan sebagaimana mestinya dimoderatori oleh Capt. Rahmat Mualim, M.Si langsung dari Jakarta, serta Zulfikar, S.Tr.Pi, M.Si berdintak sebagai narasumber. Selain ada pemaparan dari kedua narasumber adapula testimoni langsung dari ABK Indonesia langsung dari Korea yakni Sigit Heryanto, S.Tr. Pi dan Ardli Ramnatatulloh, S.Tr. Pi dari tegal yang sukses menjadi pengusaha Frozen food setelah menjadi ABK Kapal Purse Seine Amerika.

Ada beberapa pesan yang disampaikan dari narasumber maupun dari testimoni langsung untuk para pendidik, ataupun pelajar yang mengikuti kegiatan webinar yakni sebelum melakukan join kontrak ada beberapa hal yang harus dipersiapkan diantaranya : carilah informasi mengenai kapal ikan yang legal, belajar bahasa asing, siapkan fisik dan mental, serta harus cerdas dalam memilih manning agent, Sebelum bekerja harus mengetahui Hak dan Kewajiban yakni pahami kontrak kerja agar tidak ada sesuatu yang tidak diinginkan dikemudian hari. Adapatasi secara cepat diatas kapal, Update selalu informasi & Komunikasi dan jadilah anggota Serikat Pekerja Bidang Perikanan. (psp).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *