Pudir I dan Tim Melaksanakan Kunjungan Ke Beberapa Tempat Di Kabupaten Ciamis

Pangandaran – Senin (23/11) Dr. Yaser Krisnafi., M.T, (Pudir I), Dinno Sudinno, M.T (Pudir II), Atiek Pietoyo, M.P ( Dosen Budidaya Ikan) dan Rizal Atmanegara pada hari Jumat (19/20) melaksanakan kegiatan sosialisasi dan kunjungan ke beberapa tempat di Kabupaten Ciamis untuk pembelajaran mengenai Budidaya Ikan di daerah Kabupaten Ciamis. Pada Jumat pagi tim dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran melaksanakan kegiatan temu lapang bersama Penyuluh dan Pokdakan Desa Selamanik Kec. Cipaku, Ciamis Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut Pudir I dan tim menyampaikan mengenai sosialisasi kampus Politeknik KP Pangndan dan menyampaikan informasi menegenai teknologi budidaya ikan yang telah di terapkan di kampus Politeknik KP Pangandaran. Selanjutnya melaksanakan kegiatan kunjungan ke AMplus Koi Fish Farm Ciamis. AMplus Koi punya moto dari Desa untuk Indonesia. Ini selaras dengan Politeknik KP Pangandaran yakni melahirkan SDM unggul untuk Indonesia Maju, dengan menerapkan wirausaha berbasis teknologi/ teknopreuner serta digitalisasi.

AMplus menerapkan teknologi pembenihan ikan Koi dengan produksi benih SR 80-90 % perlakuan pemberian suplemen dan pakan alami. Kegiatan kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan kegiatan kerjasama antara kedua belah pihak dalam rangka pengembangan pembenihan dan pembedaran ikan Koi serta sebagai penyedia tempat Praktik Kerja Lapang (PKL) bagi taruna kedepannya. Pada kunjungan terakhir ke Pondok Pesantren An Nur Sadananya, Ciamis untuk meninjau budidaya kolam ikan Nila dengan menerapkan sistem bioflok dengan kolam bundar diameter 6 meter dengan hasil produksi 500 – 600 kg per 2.5 bulan untuk 1 kokam.

Kunjungan ini dalam rangka sharing teknologi dengan masyrakat dalam budidaya ikan terutama pengaplikasi teknologi berupa probiotik untuk meningkat produksi budidaya dengan sistem bioflok. (psp).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *