PKPP Gelar Webinar ” Penerapan Teknologi Nuklir Untuk Pengawetan Bahan Pangan”

Pangandaran – Sabtu (05/12) Program Studi Pengolahan Hasil Laut (PHL) Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran (PKPP) menyelenggarakan kegiatan Webinar bertema ” Penerapan Teknologi Nuklir Untuk Pengawetan Bahan Pangan”. Narasumber yang diundang merupakan ahli dibidangnya, Lia Sugihartini, S.Pi., M. Eng., M.Sc selaku Koordinator Kelompok Standarisasi Direktorat Jendral Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan. Ada Pula Sugili Putra,S.T., M.Sc selaku kepala Laboratorium Kimia Radiasi Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) dan Widya Pangestika. S.ST., M,T Dosen Pengolahan Hasil Laut Politeknik KP Pangandaran.

Acara dibuka langsung oleh DH. Guntur Prabowo, A.Pi., M.M selaku direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran dan dimoderatori oleh Satriya Abrian, S.Si., M.Sc selaku Ketua prodi Pengolahan Hasil Laut (PHL). Dalam webinar kali ini, materi yang disampaikan sangat menarik. Antusias peserta dalam diskusi sangat tinggi, pertanyaan-pertanyaan ditujukan kepada narasumber terkait dengan aturan/standar UNIT PENGOLAH IKAN, sisi ekonomis dan teknis iradiasi pangan, dan Mutu pangan setelah dilakukan iradiasi.

Ilmu yang telah disampaikan para pemateri telah membuka tabir hubungan antara teknologi nuklir dan manfaatnya di dunia pangan. Selain itu, dari materi narasumber telah menumbuhkan rasa ingin tau para peserta (yang sebagian taruna) tentang Iradiasi pangan, dimana rasa ingin tau tersebut merupakan modal dan bahan bakar untuk pengembangan dan penerapan teknologi. (psp &sa).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *