PKM Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran

Pangandaran – Senin (30/11) Unit Pengambdian Kepada Masyarakat (PKM) Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran pada hari Jumat (27/11) melaksanakan keggiatan PKM di Desa Masawah Kecamatan Cimerak Kab. Pangandaran. Kegaiatan dilaksanakan di Aula kantor desa dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan PKM mengangkat tema “ Potensi Pangandaran Sebagai Sentra Industri Garam di Selatan Jawa dan Budidaya Ikan Cupang (Betta Splendens)”. Suhernalis, M.S.T.Pi selaku dosen Prodi Teknologi Kelautan (TKL) bertindak sebagai narasumber menyampaikan mengenai potensi garam yang ada di Pangandaran serta kegiatan taruna Prodi TKL melakukan praktik langsung kegiatan produksi garam dari penyulingan air laut hingga panen. Kegiatan praktik dilaksanakan di Teffa tunnel garam yang jaraknya tidak jauh dari kampus. Nalis menjelaskan bahwa Pangandaran ini mempunyai potensi besar dalam industri garam, maka dari itu Politeknik KP Pangandaran dengan Ciptarasa Garam Madasari ingin berkolaborasi dalam mewujudkan Pangandaran sebagai Sentra Industri Garam di Selatan Jawa.

Adapun Ega Aditya Prama, M.Si selaku narasumber pada kegiatan PKM tersebut menyampaikan mengenai potensi Budidaya Ikan Cupang di masa pandemi Covid-19. Telah kita ketahui bahwa Ikan cupang adalah salah satu primadona bagi para pencinta ikan hias. Sisik ikan yang penuh warna ini menjadi daya tariknya tersendiri. Ega pun menjelaskan bahwa saat ini potensi pasar ikan cupang saat ini sedang naik daun. Pada kesempatan tersebut Ega selaku dosen Budidaya Ikan (BDI) Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran menjelaskan mengenai bagaimana cara membudidaya ikan cupang dari mulai memijahkan, merawat larva hingga penjualan.

Pada kesempatan tersebut taruna perdana atas nama Irpan Mutakim asli anak Pangandaran, sudah menggeluti dunia bisnis jual beli ikan cupang sejak pandemi covid-19. Kini Irfan telah menuai untung diluar dugaan dalam usaha bisnis jual beli ikan cupang secara online dan offline. M. Romdonul Hakim, M.Si selaku koordinator pada kegiatan PKM mengatakan bahawa dengan adanya kegiatan PKM tersebut karang taruna Desa Masawah diharapkan dapat menambah pengetahuan yang bermanfaat, dan dapat menggali potensi yang ada, yakni produksi garam di Desa Masawah dan peluang usaha ikan cupang di masa pandemi. (psp).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *