Pelatihan Ilmu dan Teknologi Surimi

Pangandaran – Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran Unit Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Pengolahan Hasil Laut (PHL) melaksanakan kegiatan PKM di Aula Desa Babakan Kec. Pangandaran Kab. Pangandaran. Adapun Tema yang diangkat “ Pelatihan Ilmu dan Teknologi Surimi”. Kegiatan PKM menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Pada kesempatan tersebut Kepala Desa Babakan Undang Herdi mengucapkan terimakasih atas adanya kegiatan pelatihan tersebut. Selain itu ia pun menyampaikan bahwa Desa Babakan sudah memiliki kelompok masyarakat yang siap untuk dikerjasamakan dalam kegiatan pengolahan hasil perikanan. Acara pelatihan dibuka langsung oleh DH. Guntur Prabowo, A.Pi., M.M selaku direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran.

Deden Yusman Maulid, M.Si selaku dosen PHL sebagai narasumber menyampaikan mengenai bagaimana proses pembuatan surimi. Surimi ini jauh berbeda dengan yang namaya mie yang kita kenal. Surimi dibuat dengan berbahan baku ikan. Surimi, atau secara harfiah berarti daging yang dilumatkan, adalah bahan makanan dari ikan yang dihaluskan hingga membentuk seperti pasta. Surimi bisa dibuat dengan mudah, penyimpanannya pun mudah, kualitas meningkat, harga tambah tinggi, dan masa simpan bertambah lama. Kegiatan PKM prodi PHL tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana tidak ada kegiatan praktik langsung membuat olahan, hal ini surimi. Dikarenakan pandemi covid-19 untuk menghindari adanya kerumunan maka tim panitia PKM mempersiapkan tontonan video tutorial pembuatan surimi oleh taruna Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran.

Dengan melihat tontonan video tutorial peserta pelatihan dapat memahami dan bisa mempraktikannya di rumah masing-masing. Deden menyampaikan bahwa Surimi terbuat dari daging ikan yang sudah diekstraksi dengan air yang diberi bahan anti- denaturasi, kemudian dibekukan. (psp).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *