Panen Udang dan Bincang Bareng Stakeholder

Pangandaran – Sabtu (19/12) Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran melaksanakan kegiatan Panen Udang dan Bincang Bareng Stakeholder. Kegiatan dilaksanakan di tambak udang vaname PKPP yang tempatnya tidak jauh dari Gedung Rektorat dan dihadiri langsung oleh Kepala BRSDM-KP Sjarief Widjaja, Ph.D, FRINA, Staf Ahli Menteri Bidang Ekologi Sumberdaya Laut, Pejabat Eselon II Lingkup Kelautan dan Perikanan, Pejabat Eselon II Lingkup BAPPENAS, perwakilan satuan kerja Lingkup KKP di Pangandaran, dan Pembudidaya di Kab. Pangandaran.

Kegiatan panen udang di PKPP sudah memasuki siklus yang kedua. Kegiatan budidaya udang di kampus PKPP ini tiada lain untuk mengembangkan kompetensi SDM dan persiapan praktik kerja lapang taruna dengan menerapkan pendekatan Teaching Factory (TEFA). Dinno Sudinno, S.Pi., M.T selaku penanggung jawab kegiatan tambak dan selaku Pudir II menyampaikan bahwa kegiatan budidaya ini dilaksanakan selama 100 hari dengan luas lahan 1600m2 untuk 4 kolam budidaya dengan jumlah tebar 200.000 ekor (50.000 ekor/kolam).

Para tamu yang hadir tidak hanya melakukan kegiatan panen udang saja, tetapi melihat langsung kegiatan yang telah dilaksanakan oleh para dosen dan pegawai PKPP yang terdiri dari kegiatan kewirausahaan yang telah menghasilkan produk-produk unggulan seperti djeruzu mangrove Chips, Evaleen, Rainbow Fish Stick, Jelly Mang Ice dan masih banyak lagi. Selain itu adapula kolam percontohan bioflok dan laboratorium ikan hias dan peresmian Poltek Mart yang berlokasi di kawasan Pelabuhan Cikidang. Semua upaya yang telah dilaksanakan oleh PKPP mendapatkan apresiasi dari semua tamu undangan yang hadir. (psp)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *