Kuliah Umum ” Managemen Ekologi dan Sumbersaya Laut di Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Berbasis Masyarakat”

Pangandaran – Jumat (18/12) Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran (PKPP) menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum bertema “Managemen Ekologi dan Sumbersaya Laut di Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Berbasis Masyarakat”. Narasumbernya Dr. Ir. Pamuji Lestari., M.Sc selaku Staff Ahli Bidang Ekologi Sumberdaya Laut- KKP. Pada kegiatan kuliah umum tersebut Sekertaris BRSDM-KP Kusdiantoro S.Pi., M.Sc memberikan sambutan, arahan dan membuka acara. DH. Guntur Prabowo, A.Pi., M.M selaku direktur PKPP menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan kuliah umum dan Kuliah Umum dimoderatori oleh Wahyu Puji Astiyani, S.PI., M.Sc selaku Dosen Budidaya Ikan PKPP.

Narasumber menjelaskan Program Prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2020-2024. Terdiri dari Sumber Daya Manusia, Pemetaan Regulasi, Menyederhanakan Birokrasi, Infrastruktur, dan Tranformasi Ekonomi. “Berbicara tentang kelautan dan perikanan tidak hanya berbicara tentang luas lautan, banyaknya pulau, ataupun banyaknya ikan yang kita punya, akan tetapi berbicara tentang seperti apa pengelolaan dan pemanfaatannya” jelasnya.

Dapat disimpulkan bahwa ekosistem pesisir berperan sangat besar untuk menjaga kelestarian ekosistem laut dan sekaligus menjaga sumber daya alam yang ada di dalamnya. Keberlanjutan ekosistem pesisir itu sangat bergantung pada pengelolaan yang dilakukan secara baik oleh manusia. Kegiatan kuliah umum dilakukan secara daring dan live di Aula Lt 3 Gedung Rektorat dengan menerapkan Protokol kesehatan. Adapun peserta yang hadir yakni Dosen, Pegawai, dan taruna-taruni domisili Pangandaran. (psp).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *