Pengolahan Hasil Laut

Diversifikasi Produk Perikanan Dengan Bahan Baku Ikan Patin

Pangandaran – Kamis (17/10) Dosen Program Pengolahan Hasil Laut (PHL) Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). PKM dilaksanakan di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Acara dibuka langsung oleh Pudir 1 Dr. Yaser Krisnafi, S.St.Pi., M.T. Tema yang diangkat pada kegiatan PKM tahun ini adalah Diversifikasi Produk Perikanan Dengan Bahan Baku Ikan Patin (Pangasius Sp.)

Dalam sambutannya pudir 1 menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk mengajak masyarakat Desa Kertayasa khususnya Ibu PKK dapat membuat inovasi olahan makanan berbahan ikan patin dan dapat meningkatkan sosial ekonomi masyarakat Desa Kertayasa. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan PKM merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi maka dari itu Desa Kertayasa merupakan desa mitra dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran dalam membuat inovasi olahan ikan asap patin. Plt. Kepala Desa Muhtar dan Kabid Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Pangandaran turut hadir pada kegiatan PKM.

Acara selanjutnya Pudir 1 menyerahkan bantuan secara simbolis berupa satu buah Regulator kompor dan diterima langsung oleh perwakilan ibu PKK Desa Kertayasa. Sesi berikutnya, Nusaibah, S.Pi., M.Si., salah satu Dosen PHL berbagi ilmu kepada Ibu PKK terkait proses pembuatan ikan asap Patin. Selain mendengar apa yang disampaikan oleh Nusaibah, Ibu PKK juga melihat langsung proses pembuatan ikan asap patin. Masyarakat begitu antusias ketika melihat proses pembuatan ikan asap patin oleh dosen kebanggaan Politeknik KP Pangandaran.
Proses pembuatan ikan asap patin berlangsung seru, karena ibu PKK dapat melihat proses pengasapan ikan, dari pembuatan tungku tradisonal hingga menghasilkan ikan asap yang memiliki rasa sedap dengan aroma yang khas. Deden Yusman Maulid, S.Pi., M.Si mengatakan bahawa dengan adanya kegiatan PKM tersebut Ibu PKK Desa Kertayasa diharapkan dapat menambah pengetahuan yang bermanfaat, terutama terkait dengan pengolahan ikan asap Patin. Keberhasilan kegiata pengolahan ikan asap diharapkan dapat memberikan peningkatan keuntungan kepada masyarakat setempat yang berimplikasi pada kesejahteraan dalam segi finansial jelasnya kepada Humas Politeknik KP Pangandaran. (psp).

#Poltekkppangandaranhebat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *