Antusiasme Pendafatar Webinar Fenomena Banjir Pesisir (ROB) Dan Dampaknya Terhadap Aktivitas Masyarakat Begitu Tinggi Pendaftar Mencapai 1632 Orang

Pangandaran- Kamis (04/06) Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran mengadakan kegiatan Webinar dengan tema Fenomena Banjir Pesisir (ROB) Dan Dampaknya Terhadap Aktivitas Masyarakat . Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu (03/06).. Sebelumnya kegiatan akan dibuka oleh Dr. Bambang Suprakto, A.Pi., S.Pi., M.T selaku Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan BRSDM-KP, namun ada kegiatan lain yang tidak bisa diwakilkna sehingga acara dibuka langsung oleh DH. Guntur Prabowo APi. M.M selaku Direktur Politeknik KP Pangandaran tepat pada pukul 13:00 WIBPartisipan kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh UPPM yang ke 3 kalinya sangat luarb biasa banyak, diluar dugaan kami selaku panitia. Terlihat dari pendaftar mencapai angka 1614 orang.

Sebelumnya panitia membatasi jumlah peserta yakni hanya untuk 500 orang peserta saja. Namun mengingat antusiasme pendaftar yang melakukan registrasi pada laman bit.ly/daftarwebinarbanjir yang kami sediakan begitu banyak. Maka kami panitia dan Tim Unit Teknologi dan Informasi memberikan akses untuk peserta melalui Live Youtube Streaming melaui akun Youtube POLTEK KP PANGANDARAN. Pendaftar terdiri dari Sabang sampai Merouke yang meliputi Tenaga pendidik, pelajar, dan umum.

Kegiatan tersebut di Moderatori oleh Yuni Ari Wibowo, S.T., M.T selaku Ketua Prodi Teknologi Kelautan Poltek KP Pangandaran. Adapun narasumber pada kegiatan tersebut adalah Ferdy Gustian, S.I.K., M.Si dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) beliau menyampaiakan mengenai fenomena banjir pesisir ditinjau dari aspek Meteorologi Maritim. Dr.rer.nat. Mutiara Racmat Putri, S.Si,. M.Si dari Institut Teknologi Bandung (ITB) menyampaikan mengenai Fenomena Banjir Pesisir (ROB) dari sudut pandang Oneanografi khususnya di Pantai Selatan Jawa, Dr.Gentio Harsono S.T., M.Si dari Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (PUSHIDROSAL) menyampaiakn mengenai Penerapan Lingkungan Laut PUSHIDROSAL Dalam Mitigasi Banjir ROB, dan Arif Baswantara, S.I.K., M.Si selaku Dosen Teknologi Kelautan Politeknik KP Pangandaran membahas mengenai Dampak Banjir Pesisir (ROB) terhadap Aktivitas Masyarakat Pesisir.

Banjir rob memang kerap terjadi di kawasan pantai pesisir baik di wilayah laut selatan utara dan lain sebagainya. Hal itu disebabkan tingginya gelombang air laut. Dalam hal tersebut BMKG selalu memberikan informasi mengenai peringatan dini adanya gelombang tinggi. Banjir rob kepada masyarakt pesisir. Untuk itu selaku masyarakat pesisir laut harus siap siaga terhadap banjir Rob, dan ikuti himbauan dari pemerintah. (psp).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *